Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

lenovo memperluas lini komputer siap linux



FLIMITZ - Sebagai langkah selanjutnya dalam program ekspansi Linux-nya, Lenovo pada hari Rabu mengumumkan peluncuran ThinkPad dan ThinkStation PC yang siap untuk Linux dengan teknologi Ubuntu populer Canonical.

 Perusahaan juga sekarang membawa sertifikasi Linux ke portofolio ThinkPad dan ThinkStation Workstation, bersama dengan kemudahan penerapan untuk pengembang dan ilmuwan data.  Lenovo bergerak untuk mengesahkan portofolio workstation lengkap untuk distribusi Linux teratas dari Ubuntu dan Red Hat.  Ini mencakup setiap model dan konfigurasi.

 Sebelumnya hanya dapat diakses oleh perusahaan melalui penawaran khusus, Lenovo sekarang menawarkan rangkaian lengkap dari hampir 30 perangkat yang memuat Ubuntu yang tersedia untuk dibeli melalui Lenovo.com.  Ini termasuk 13 ThinkStation dan ThinkPad P Series Workstations serta tambahan 14 laptop ThinkPad T, X, X1, dan L.  Semua datang dengan Ubuntu versi 20,04 LTS, dengan pengecualian seri L yang akan memiliki versi 18,04.

 Pengalaman Linux yang Lebih Efisien

 "Visi Lenovo untuk memungkinkan teknologi yang lebih cerdas untuk semua benar-benar berarti 'untuk semua'.  Pengumuman sertifikasi perangkat kami pada bulan Juni merupakan langkah ke arah yang benar untuk memungkinkan pelanggan menginstal Linux sendiri dengan lebih mudah. ​​Tujuan kami adalah untuk menghilangkan kerumitan dan memberikan pengalaman premium kepada komunitas Linux yang pelanggan kami ketahui, "  menurut Igor Bergman, wakil presiden Perangkat Lunak PCSD dan Cloud di Lenovo.

 Ini adalah langkah selanjutnya untuk menawarkan perangkat yang siap untuk Linux langsung dari kotaknya, katanya.

 Perluasan ini menghadirkan peningkatan aksesibilitas ke aplikasi, pustaka, dan alat sumber terbuka untuk meningkatkan produktivitas pengembang.  Ini menawarkan pengalaman out-of-box yang mulus bagi mereka yang sebelumnya menantang proses pemuatan Linux yang sering memakan waktu ke perangkat Lenovo mereka sendiri.  Ini juga menyediakan komunitas pemrogram, pengembang perangkat lunak, profesional AI, dan pengguna Linux lainnya peningkatan jangkauan perangkat yang dapat dipilih, tambahnya.

 "Perluasan perangkat bersertifikasi Ubuntu oleh Lenovo menunjukkan komitmen yang besar terhadap open source dan komunitas Linux. Dengan para ilmuwan dan pengembang data yang semakin membutuhkan Linux untuk beban kerja yang muncul, kolaborasi ini memungkinkan perusahaan untuk membekali karyawan mereka dengan jaminan stabilitas jangka panjang, keamanan tambahan,  dan manajemen TI yang disederhanakan, "kata Dean Henrichsmeyer, wakil presiden teknik di Canonical.

 Dengan menyediakan perangkat ini yang dimuat sebelumnya dengan versi OEM Ubuntu, Lenovo menghilangkan kerumitan bagi pengguna Linux dan memperkenalkan web ujung ke ujung dan dukungan telepon untuk masalah Linux terkait platform.



 Mengambil Langkah Berikutnya

 Pengumuman ini muncul setelah Lenovo merilis komputer yang menjalankan desktop Fedora Linux, versi komunitas yang disponsori oleh RedHat Linux.  Itu adalah masalah besar, kata manajer teknik perangkat lunak senior Red Hat, Christian Schaller, pada pengumuman awal bulan ini.

 Peristiwa tersebut menandai pencapaian ganda bagi Lenovo.  Ini adalah pertama kalinya Fedora mengirimkan pra-instal pada laptop dari vendor besar.  Ini juga merupakan pertama kalinya salah satu pembuat laptop terbesar menjual langsung ke konsumen laptop premium dengan OS desktop Linux yang sudah diinstal sebelumnya.

 Kedua pengumuman September oleh Lenovo itu pahit.  Bertahun-tahun yang lalu, pertama IBM menjual laptop ThinkPad dengan Linux yang sudah diinstal sebelumnya dan kemudian Lenovo melanjutkan lini produk itu.  Kemudian, pada tahun 2008 Lenovo menjatuhkan lini produk Linux itu.  Pada Juli tahun lalu, IBM menutup akuisisi penting atas Red Hat sebesar US $ 34 Miliar.

 "Lenovo telah mengambil langkah-langkah menuju ekspansi ini selama bertahun-tahun, menawarkan PC Linux yang dimuat sebelumnya untuk perusahaan yang mengajukan tawaran khusus dan mensertifikasi berbagai PC kami dengan spesifikasi Linux yang akan memungkinkan pengguna untuk dengan lebih mudah menginstal OS pada perangkat Lenovo sendiri  , "Bergman memberi tahu LinuxInsider.

 Pada bulan Juni, tim Workstation Lenovo menerbitkan artikel blog yang mengumumkan perluasan program Linux.  Itu termasuk ketersediaan yang akan datang dari berbagai PC Linux prainstal, tambahnya.

 "Pengumuman ini adalah perwujudan dari janji itu, menentukan PC yang tersedia, baik di dalam portofolio workstation dan seterusnya," kata Bergman.

 Lenovo memulai ekspansi ini untuk menanggapi permintaan pelanggan komersial yang terus meningkat, terutama para profesional dan pengembang TI yang merupakan bagian dari komunitas sumber terbuka global.  Lenovo berupaya menawarkan lebih banyak pilihan kepada pengguna ini dalam teknologi pintar mereka, jelasnya.

 Awal, Tapi Terbatas

 Perlu dicatat bahwa konfigurasi Linux baru adalah semua laptop Thinkpad atau desktop ThinkSystem yang ditujukan terutama untuk bisnis dan profesional TI, terutama pengembang.  Mereka juga harus menarik bagi orang-orang yang bekerja di area di mana Linux mendominasi, seperti AI / pembelajaran mesin dan HPC / superkomputer, keduanya area di mana Lenovo aktif, menurut Charles King, analis utama di Pund-IT.

 "Perusahaan ini cerdik dalam menilai peluang komersial di pasar global jadi saya berharap penawaran baru ini akan berjalan dengan sangat baik," katanya kepada LinuxInsider.

 Lenovo telah secara aktif membangun portofolio Linux-nya tahun ini melalui kemitraan strategis yang diumumkan dengan Fedora dan Red Hat.  Tetapi fokus perusahaan pada Linux tertinggal dari beberapa pesaing, kata King.

 Dell, khususnya, telah menjual laptop bermuatan Linux selama hampir satu dekade melalui program yang disebut Project Satellite yang ditujukan terutama untuk pengembang.  Perusahaan ini menawarkan XPS13 yang ramping dan workstation Presisi yang berotot serta sistem menara yang disertifikasi oleh Red Hat dan Canonical.

 "Dalam konteks ini, keputusan Lenovo untuk terjun ke ujung yang dalam dengan Fedora dan Canonical dapat menandakan bahwa adopsi PC dan laptop berbasis Linux semakin cepat," kata King.

 Mengapa Ubuntu?

 "Ubuntu adalah sistem operasi sumber terbuka yang populer, dihormati dan modern di Linux untuk server perusahaan, desktop, cloud, dan IoT. Lenovo telah bekerja sama dengan Canonical, penerbit Ubuntu, selama beberapa tahun, jadi perluas  kolaborasi dengan mereka adalah pilihan yang wajar, "kata Bergman.

 Lenovo juga terlibat aktif dengan beberapa komunitas open source lainnya.  Salah satu komunitas Linux utama adalah Fedora, yang diumumkan Lenovo awal tahun ini.

 "Pada akhirnya, kami ingin mendukung open source dengan cara yang sesuai dengan ekspektasi dan etosnya," kata Bergman.

 Semua konfigurasi Linux Ubuntu hadir dengan GNOME sebagai desktop default.  Untuk desktop lain, Anda tidak perlu menginstal ulang OS.  Meskipun Anda tidak dapat memilihnya dalam pembelian Lenovo, Anda dapat menginstal / memilih desktop lain dengan cara yang sama seperti yang selalu didukung Ubuntu.  Itu semua standar Ubuntu tanpa batasan Lenovo, menurut Lenovo.




Ketersediaan

Termasuk dalam ekspansi global ini adalah perangkat Lenovo ThinkPad dan ThinkStation berikut.  Mereka akan tersedia secara global mulai September 2020 dan akan diluncurkan secara bertahap hingga 2021:

• ThinkPad T14 (Intel dan AMD)

• ThinkPad T14s (Intel dan AMD)

• ThinkPad T15p

• ThinkPad T15

• ThinkPad X13 (Intel dan AMD)

• ThinkPad X13 Yoga

• ThinkPad X1 Extreme Gen 3

• ThinkPad X1 Carbon Gen 8

• ThinkPad X1 Yoga Gen 5

• ThinkPad L14

• ThinkPad L15

• ThinkPad P15s

• ThinkPad P15v

• ThinkPad P15

• ThinkPad P17

• ThinkPad P14s

• ThinkPad P1 Gen 3

• ThinkStation P340

• ThinkStation P340 Tiny

• ThinkStation P520c

• ThinkStation P520

• ThinkStation P720

• ThinkStation P920 (Foto Di Atas)

• ThinkStation P620

 Semua PC yang disertakan dalam pengumuman ini, kecuali laptop seri ThinkPad L, akan tersedia dengan Ubuntu versi 20,04 LTS yang dirilis pada April 2020. ThinkPad L14 dan L15 akan tersedia dengan versi 18,04 LTS.

 Pengumuman tersebut berfokus pada jajaran komersial PC Lenovo.  Perusahaan terus menjajaki ekspansi dan akan berbagi lebih banyak nanti, kata Bergman.
F-rendx
F-rendx The site about Technology, trends news

Post a Comment for "lenovo memperluas lini komputer siap linux"